Usai Upacara Hari Pahlawan, Plt Bupati Lombok Utara Ziarah ke Makam Siradip Arti BA

Gangga, Humaspro Setda KLU - Usai menjadi inspektur upacara peringatan hari pahlawan 75 tahun, Plt Bupati Lombok Utara H Sarifudin SH MH memimpin ziarah ke makam salah seorang pencetus sekaligus pejuang berdirinya Kabupaten Lombok Utara Siradip Arti BA di Desa Rempek Kecamatn Gangga (10/11). Hadir pula mendampingi H. Sarifudin di antaranya Pj Sekda KLU Drs H Raden Nurjati, Waka Polres Kompol Setia Wijatono SH, para asisten dan sejumlah ASN lingkup Pemda KLU.
 
Plt Bupati Lombok Utara H. Sarifudin SH MH dalam sambutannya menyampaikan kesyukurannya. Pasalnya pada pagi hari ini (kemarin-red) masih diberikan kesempatan ziarah ke makam pahlawan KLU. "Acara seperti ini hampir setiap tahun menjadi tradisi kita dan dilaksankan setiap tanggal 10 Nopember. Pada tanggal 10 Nopember 2020 ini adalah yang 50 kali kita berada di tempat ini. Tahun 2009 saya ingat sekali bahwa peristiwa pertama kali kita datang ke tempat ini diawali oleh adik-adik kita mahasiswa," kenang H. Sarifudin.
 
Plt bupati lantas menceritakan, bahwa pada tahun 2009 setahun pasca diketoknya UU pemekaran Lobar menjadi KLU, di mana ketika sampai di Tanjung pihaknya disambut ribuan masyarakat. "Saat itu saya punya inisiatif mengingat dan mengenang kembali Bapak H Siradip Arti BA sebagai salah satu tokoh panutan kami saat berjuang sekitar tahun 2008. Menjadi sangat penting ingatan kami sebagai mahasiswa karena pada saat itu beliau ketua DPRD Lobar. Beliau kami ibaratkan sebagai profesor hidup dalam proses perjuangan saat itu, sehingga tahun 2009 saya minta adik-adik mahasiswa untuk datang ke tempat ini," kenang Wabup Lombok Utara ini.
 
Ditambahkan Plt bupati, pada saat itu kami berkumpul digedung serba guna Tanjung. Sejak saat itu tempat ini terus menerus kami datangi setiap memperingati hari pahlawan. Walupun secara prinsip menjadi pahlawan tidak semudah yang dibayangkan. Harus melewati proses-proses untuk sampai kepada keluarnya keputusan presiden dan UU tentang pemberian gelar pahlawan. "Tapi ini merupakan tradisi kita dan bapak Siradip Arti BA ini kami anggap sebagai pahlawan dalam peroses kemerdekaan Lombok Utara pada saat itu. Pada kesempatan yang baik ini tidak mudah untuk kita lupakan kenangan-kenangan yang kami lalui saat itu, beliau juga sangat gigih untuk memperjuangkan Lombok Utara,” ungkap plt bupati mengenang. Menurut Sarifudin, berbicara perjuangan H. Siradip Arti BA secara nasional sebagai pejabat negara dinilainya tentu telah mampu menunjukkan dedikasi yang baik sebagai Ketua DPRD saat itu. H. Siradip menemban tugas anggota legislator mewakili masyarakat Lombok Utara. Karya-karyanya melalui perangkat lunak, misalnya Peraturan Daerah yang diperjuangkan kala itu mampu memberi kontribusi terbaik kepada masyarakat Lombok Barat. “Saya ingat beliau menjadi Ketua DPRD banyak sekali memperjuangkan bangunan fisik maupun non fisik di KLU. dan inilah salah satu motivasi kami kenapa kami menganggap beliau sebagai salah satu tokoh perjuangan proses pemekaran dan memajukan KLU saat itu”tuturnya
 
Pada kesempatan tersebut Plt bupati mengatakan, sebagai pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada yang turut berkujung saat ini semoga kelak akan terus menyambung tradisi-tradisi seperti ini tidak hanya sekadar ziarah, tetapi dirinya tetapi ingin melihat bahwa tempat ini menjadi lebih baik dari saat ini. “Mungkin dari Dinas LH bisa memperbaiki tempat ini tahun depan untuk dipagar keliling supaya bisa lebih reprensetaif. Lantaran tempat ini setiap tahun kita datangi. Sebab kita belum memiliki makam pahlawan yang harus kita kunjungi sesuai peraturan perundang-undangan, kita hanya punya tempat ini," pesannya. Dirinya juga masih ingat ada beberapa pahlawan di Lombok Utara yang purnawirawan saat itu yang tidak bisa hadir saat ini. "Sekali lagi terima kasih atas dedikasi beliau. Saya titip tolong jaga tempat ini dengan baik semoga ini menjadi kenangan seterusnya oleh masyarakat Lombok Utara,” tutupnya.
 
(sas) foto: sid/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial