Plt Bupati Lombok Utara Jadi Irup Peringatan Hari Pahlawan 2020

Tanjung, Humaspro Setda KLU - Plt. Bupati Lombok Utara H. Sarifudin, SH MH menjadi inspektur upacara pada peringatan hari pahlawan ke-75 tahun 2020 dengan komandan upacara Danramil Bayan Kapten Inf. Ahmad Baidawi. Upacara yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat diikuti oleh Pj Sekda KLU Drs. H. Raden Nurjati, Waka Polres Lombok Utara Kompol Setia Wjatono SH, Para Asisten, sejumlah Kepala OPD, unsur TNI/Polri dan ASN lingkup Pemda KLU, Selasa (10/11).
Plt. Bupati Lombok Utara H Sarifudin menyampaikan bahwa zaman telah bermetamorfosis bukan saja masa dan generasi saja, tapi juga tantangan yang dihadapi. “Tantangan yang kita hadapi bersama bukan lagi penjajahan secara fisik, akan tetapi berbagai persoalan besar dan kompleks yang tengah membelit bangsa. Ini semua akibat terpaan bencana, gempa dua tahun silam. Kini daerah kita masih didera bencana Covid-19,” terangnya.
 
Dalam pada itu, Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara dalam amanatnya yang dibacakan H Sarifudin, SH MH mengatakan, hari pahlawan tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya dengan sepenuh hati mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua elemen bangsa. Sehubungan dengan itu, tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu, “pahlawanku sepanjang masa”. “Meskipun dalam masa pandemi Covid, peringatan hari pahlawan tahun ini dapat berlangsung khidmat dan tidak kehilangan makna. Dapat memberi energi tambahan guna menggugah kesadaran segenap elemen untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa," ungkap Mensos seperti dibacakan Plt. Bupati Lombok Utara.
 
Dikatakan lebih lanjut, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, dan bergotong royong perlu terus dirawat dan dipupuk agar tumbuh bersemi dalam hati sanubari rakyat Indonesia. Semangat kepahlawanan yang terus menyala dan berkobar, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri ini. "Yakinlah apabila semangat nilai-nilai kepahlawanan sudah tertanam kuat dibenak setiap anak bangsa Indonesia, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa. Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki rasa empati menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu dengan lainnya," tutupnya.
 
Dalam momentum peringatan hari pahlawan tahun 2020, Mensos mengimbau seluruh elemen rakyat Indonesia berpartisipasi aktif memperingati hari pahlawan ke-75. Bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan kesuma bangsa, seperti ungkapan the founding fathers Indonesia Sukarno "Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". Mensos juga mengajak seluruh anak bangsa melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu padu serta bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. "Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan kita yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi tercinta. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, serta penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Sekali lagi jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri,”​ tutupnya.
 
Peringatan hari pahlawan 75 tahun berjalan khidmat, kemudian diakhiri dengan penyerahan penghargaan terhadap capaian realisasi tertinggi PBB-P2 tahun 2020 tingkat kecamatan kepada HM Tohir, S.Sos, tingkat desa HM Ichwan (Kades Malaka), tingkat BKP PBB/PAD Samsu Marizal, dan tingkat Dusun kepada Kadus Kr. Bayan Lumsah.
 
(sas) foto: sid/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  +62-811-3811901 (Dinas Kesehatan)
 +62-853-3491651 (RSUD Lombok Utara)
0370-6120-052 (Sat Pol PP Lombok Utara)
 
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial