Bupati Lombok Utara Tandatangani MoU dengan UNU NTB

Tanjung, Humaspro Setda KLU - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Utara menandatangani MoU atau Kesepahaman dengan Universitas Nahdatul Ulama (UNU) Nusa Tenggara Barat yang dilakukan oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH dengan Rektor UNU NTB Dr. Baiq Mulianah, M. PdI di Aula Kantor Bupati setempat, Jum'at (25/9/2020). Turut hadir pula Pj. Sekda KLU Drs. H. Raden Nurjati, para staf ahli, para asisten, pimpinan OPD dan camat lingkup Pemda KLU.
 
Mengawali sambutannya Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH menyampaikan penandatanganan kerja sama atau MoU dengan UNU NTB adalah suatu yang bermanfaat masa depan. "Dulu saya pernah menandatangani MoU dengan LPDP dengan pihak Kementerian Keuangan. Alhamduliilah, hasilnya cukup baik dan saat ini sudah ad 67 orang anak-anak KLU yang studi, sudah menuju universitas yang mereka inginkan," tuturnya. Diuraikannya, melalui program LPDP, awalnya dulu memang karena keinginan membangun dunia pendidikan dengan maksimal. Satu sisi, melihat dunia pendidikan banyak anak-anak yang berkemampuan secara prestasi tapi tidak berkemampuan secara ekonomi.
 
Bupati Najmul berharap jika 67 orang anak-anak ini sudah lulus 5 atau 6 tahun ke depan banyak doktor-doktor yang ada di Lombok Utara bisa mengabdi dan membangun KLU. Dijelaskan bupati, MoU ini penting dalam rangka memberikan kesempatan kepada semua perguruan tinggi termasuk UNU NTB, agar kampus tidak hanya menjadi menara gading tetapi menara air. "Menara gading itu mewah tetapi tidak memiliki manfaat oleh orang sekitarnya. Tetapi sebaliknya kita ingin pendidikan ini sebagai menara air yang bermanfaat langsung dengan masyarakat, banyak program yang kita bisa kerja samakan, kami juga membutuhkan sarjana pendamping desa, pendamping wirausaha yang bersifat temporer. Mungkin juga yang perlu dikerjasamakan yaitu KKN tematik," imbuh bupati.
 
Menjawab pertanyaan awak media terkait apa yang menjadi poin dari kegiatan penandatanganan MoU dengan UNU NTB, Bupati Najmul menyatakan ingin percepatan kemajuan Lombok Utara dengan bekerjasama pada berbagai pihak, sehingga banyak aspek pembangunan yang bisa kita kerja samakan. Dalam pada itu, Rektor UNU NTB Dr. Baiq Mulianah, M. Pd.I memaparkan eksistensi UNU bukan yang baru di KLU, karena sejak dibentuk sudah bersama-sama dengan masyarakat Lombok Utara. "Berkat izin bupati, kami sering melakukan kegiatan di KLU, seperti saat gempa, kami ikut serta secara aktif sampai saat ini, mendampingi beberapa desa wisata," tandasnya.
 
Selain itu pula, membangun Sekolah Alam melalui program KKN tematik. Jadi ini formalnya saja, dan banyak juga aktivitas lainya seperti pendampingan daerah pesisir atau Delta API dari tahun 2013, pada bidang kebudayaan juga termasuk Festival Rinjani. "Kedepannya kami berharap tidak hanya di lingkup aktivi reguler tetapi lebih implementatif dan kerja nyata untuk perubahan," ujarnya. Ada program pemberian pinjaman murni kepada UKM sebesar Rp. 1 juta tanpa agunan tanpa bunga, dicicil perminggu dan ada pengajian di masjid dan hal-hal lainnya. Rangkaian acara diakhiri dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Lombok Utara dan Rektor UNU NTB serta foto bersama.
 
(sas) foto: sid/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial