Penjabat Sekda Jadi Irup HUT Pramuka ke-59 di KLU

Gangga, Humaspro Setda KLU - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Gerakan Pramuka di Kabupaten Lombok Utara, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga (Dikpora) menggelar upacara yang diinspekturi oleh Penjabat Sekda KLU Drs. H.R. Nurjati, berlangsung di halaman kantor Dinas Dikpora setempat, Jumat (14/8).
 
Bupati Lombok Utara dalam amanat yang disampaikan R. Nurjati mengingatkan kembali sejarah pertama kali pramuka di dunia yang dimulai sejak 110 tahun silam. Bagian gerakan organisasi pendidikan dengan nomenklatur lengkap gerakan pendidikan kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka). Menurutnya, pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan non formal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat. Dalam kedudukan sebagai pendidikan non formal di institusi pendidikan formal, gerakan pramuka adalah sebuah organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja.
 
Pramuka bukan organisasi bantuan sosial sehingga gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan pembangunan masyarakat. Hal itu sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka Dwi Satya, Tri Satya, Dwi Darma maupun Dasa Darma pramuka. Bagian utamanya menekankan pramuka dapat menolong sesama, mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat. Dikatakan kegiatan bakti sosial yang dilakukan para anggota pramuka merupakan bagian pendidikan karakter menumbuhkan kesadaran dan kepekaan kaum muda agar memiliki kepribadian yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa guna menjaga serta membangun NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
 
Selain itu, kata Nurjati, sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, pengertian, toleransi dan hidup damai bersama seluruh komponen bangsa tanpa memandang perbedaan dalam hidup baik suku, agama, ras maupun aspirasi politik. "Saat ini negara kita bahkan dunia mengalami dampak lantaran pandemi Covid-19. Pramuka harus mampu menjadi teladan untuk menerapkan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat selaras dengan protokol kesehatan di masa pandemi yang ditetapkan oleh pemerintah. Pramuka mesti mampu menginspirasi dan memberikan kontribusi positif dalam penanggulangan bencana Covid-19," imbuh Penjabat Sekda KLU ini.
 
Pada momentum Hari Gerakan Pramuka ke-59 tahun tersebut, Nurjati menyampaikan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menyampaikan selamat Hari Pramuka ke-59 tahun 2020. "Gerakan Pramuka terdepan bergerak, jayalah Pramuka, jayalah Indonesia," tutup Sekretaris Mabincab Kwarcab Pramuka itu. Upacara peringatan HUT 59 tahun Gerakan Pramuka ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD KLU sekaligus Wakil Ketua Mabincab Gerakan Pramuka KLU H. Burhan M. Nur SH, Wakapolres Lombok Utara Kompol Setya Wijatono, SH, kepala OPD dan para anggota Mabincab. Upacara juga diikuti Kwartir Ranting dan Gugus Depan Pramuka se-Lombok Utara.
 
(sid) foto: sid/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial