Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka KLU Masa Bakti 2019-2024 Dilantik

Tanjung, Humaspro Setda KLU - Ketua dan jajaran Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara masa bakti 2019-2024 secara resmi dilantik oleh Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Gerakan Pramuka Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH diwakili oleh Sekretaris Mabincab Drs. HR Nurjati, berlangsung di aula kantor bupati setempat, Kamis (13/8). Sebelum prosesi pengukuhan dan pelantikan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara terlebih dahulu digelar pengukuhan dan pelantikan Ketua dan Pengurus Majelis Pembina Cabang (Mabincab) oleh Ketua Kwarda Provinsi NTB Drs. H. Fathul Gani, M.Si. Usai acara pelantikan, Ketua Kwarda Provinsi NTB H. Fathul Gani menuturkan harapan terhadap semboyan Jamnas tahun 1986 yang "satu utuh berkarya". "Satu harapan kami bahwa semboyan Jamnas tahun 1986. Satu utuh, kompak utuh dalam suasana ceria dan dilandasi dengan karya harus diterapkan dalam gerakan pramuka," ujar Fathul.
 
Dikatakannya, kondisi pramuka saat ini memang jauh berbeda jika dibayangkan dengan masa 30 tahun lalu. Waktu itu sangat terasa tapi seiring revitalisasi gerakan pramuka kondisinya pun berubah. Ia menambahkan, kehadiran gerakan pramuka harus dirasakan sebagai manfaat bukan dirasakan beban masalah. "Terima kasih kanda Dr. Fauzan yang memberikan saya dukungan penuh untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Kwarda NTB," ujarnya lagi. Dalam pada itu, Ketua Mabincab Gerakan Pramuka Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH diwakili oleh Sekretaris Mabincab Drs. HR. Nurjati.
 
Menurutnya hari ini (kemarin-red) sejumlah pihak dapat menyaksikan proses pelantikan orang-orang yang akan melaksanakan amanah dan tanggungjawab memimpin dan mengendalikan organisasi kegiatan Pramuka di KLU. "Saya menyadari bahwa tugas kakak-kakak tidaklah mudah sebagai wadah pendidikan karakter generasi muda. Tentu akan dihadapkan pada tantangan yang terus berkembang, tapi saya meyakini dengan pendidikan yang dikemas dalam kegiatan yang menantang, menarik, dan menyenangkan," imbuh Nurjati. Kegiatan gerakan pramuka menjadi ciri khas dan selalu dapat menjadi wadah yang dapat diandalkan serta mampu membawa pemuda Indonesia menatap ke masa depan yang lebih cerah," terangnya.
 
Diterangkan Nurjati, saat ini Indonesia bahkan dunia mengalami dampak akibat pandemi Covid-19. Pramuka harus mampu jadi teladan dalam menerapkan kebiasan hidup sehat sebagaimana protokol Corona. Pramuka diharapkan mampu menginspirasi dan memberikan kontribusi yang positif dalam usaha penanggulangan bencana. Pada kesempatan ini selaku salah satu unsur Mabincab Nurjati menyampaikan terima kasih kepada pengurus sebelumnya yang telah memberi segenap perhatian dan bakti sehingga pendidikan kepramukaan di KLU bisa terus berkembang dengan baik. "Apa yang dicapai dalam 5 tahun ini sangat kami apresiasi semoga kerjasama ini dapat dipelihara dengan baik. Sehingga percepatan pembangunan khususnya di Lombok Utara bisa tercapai. Atas nama Pemda KLU mengucapkan selamat hari Pramuka ke-59," kata Penjabat Sekda KLU ini.
 
Terpisah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Utara terpilih Dr. Fauzan, M.Pd usai pelantikan menyebutkan tema ulang tahun Pramuka ke-59 tahun 2020 terkait kontribusi dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19 yaitu Kita Menolong dengan Ikhlas dan Tabah. "Semoga ini bisa menjadi contoh bagi pemuda kita. Kita harus ikhlas dalam membantu sesama. Mari berbuat yang baik walau sekecil apapun," ujar mantan Sekretaris Bappeda KLU itu. Menjawab pertanyaan awak media menyangkut usia Pramuka ke-59 apakah masyarakat Lombok Utara sudah mendapatkan hak pendidikannya, Kadis Dikpora KLU ini menegaskan Pemkab Lombok Utara memiliiki inovasi yang tidak dilakukan oleh daerah lain seraya mencontohkan terobosan Saber DO. "Hanya Pemda KLU yang betul-betul mencari masyarakat usia sekolah bekerjasama dengan pramuka untuk mencari mereka supaya mengikuti pendidikan kesetaraan yaitu paket A, B dan C. Supaya mereka memiliki hak-hak sipil seperti masyarakat lainnya. Dengan harapan ke depan jangan sampai kita menjadi penonton di rumah kita sendiri lantaran tidak punya ijazah akibat tidak sekolah," pungkasnya.
 
Dijelaskan Dr. Fauzan, tahun 2019 pihaknya menerapkan dua langkah nyata untuk meningkatkan SDM daerah, yaitu mendata masyarakat yang tidak memiliki ijazah. Pihaknya berhasil menghimpun 2.500 peserta program kesetaraan yang dibiayai oleh Pemda KLU. Dengan upaya itu, KLU mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan mengirimkan operator yang bertugas memasukan data-data pendidikan kelompok belajar masyarakat (PKBM) yang ada. Kemudian yang kedua, lanjutnya, Pemda KLU memberi beasiswa transisi, beasiswa retripal, baju-baju seragam, bantuan bagi yang berprestasi, bantuan kepada Hafiz/Hafizah, bantuan kepada anak Lombok Utara yang tengah menempuh studi S1, S2 dan S3 bekerjasama dengan LPDP.
"Satu-satunya kabupaten di NTB yang mendapatkan kerjasama dengan LPDP adalah KLU dengan menggratiskan test toefel dan test bahasa Inggris. Kita juga bekerjasama dengan Universitas Mataram dengan mendirikan Vokasi. Pendidikan itu adalah pintu yang paling cepat menuju kemajuan. Supaya bisa sejajar atau menjadi di depan dengan daerah-daerah lainnya," pungkasnya.
 
Kegiatan pengukuhan dan pelantikan Kwarcab Gerakan Pramuka KLU tersebut dihadiri oleh pengurus Mabincab, para kepala OPD lingkup Pemda KLU, pengurus Kwarcab Pramuka KLU kemudian diakhiri dengan foto bersama.
 
(api) foto: sid/humaspro

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial