Launching Bantuan JPS Kabupaten, Pemda Lombok Utara Sasar 20.614 KK Penerima

Diskominfo KLU, Tanjung - Untuk mengurangi beban kebutuhan dasar masyarakat Lombok Utara yang terdampak pandemic Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Utara melaunching sekaligus menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kabupaten Lombok Utara bertempat di halaman Kantor Desa Genggelang, Jum'at (10/07/2020).
 
Seperti yang dijelaskan Sekretaris Daerah Lombok Utara Drs. H. Suardi, MH saat dimintai keterangan usai acara, penerima bantuan JPS Kabupaten tersebut diperuntukkan khusus bagi masyarakat yang tergolong miskin, tidak mampu, rentan terhadap resiko sosial serta belum pernah tersentuh bantuan dalam bentuk apapun seperti BST (Kemensos), PKH Non BPNT, BPNT, JPS Gemilang (Provinsi NTB) serta BLT-DD (Desa). "Orang-orang ini adalah orang-orang yang memang udah di cek oleh Kadus Desa karena merekalah yang tau persis, disamping juga kita mencocokkan dengan data kita yang dari beberapa bantuan itu," tuturnya.
 
Lebih jauh, H. Suardi mengatakan bantuan yang disalurkan oleh Pemda berupa paket sembako tersebut diklaim lebih efektif dibanding bantuan tunai, selain agar peruntukkan bantuan tepat sasaran, pemerintah sendiri juga ingin memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat selama pandemi ini benar-benar dapat terpenuhi. "Kalau kita berikan uang kita khawatir nanti yang dibelikan rokok atau yang lain, karena ini khusus untuk benar-benar kebutuhan dasar makanya kita menghindari hal-hal yang enggak tepat sasaran dalam pemakaian, maka kita putuskan dengan barang," Kata Sekda Lombok Utara dua periode itu.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial P3A Lombok Utara Drs. H. Faisol, M.Si dalam laporannya menyebutkan, jumlah penerima JPS Kabupaten Lombok Utara kurang lebih sebanyak 20.614 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 33 Desa yang ada di Kabupaten Lombok Utara. Khusus di Kecamatan Gangga, jumlah penerima JPS Covid Lombok Utara sebanyak 1.450 KK. Adapun rincian item paket sembako kebutuhan dasar JPS Kabupaten Lombok Utara yang diberikan per-KK antara lain 10 Kg beras, 2 liter minyak, 2 Kg Gula, 100 ml VCO, 250 ml sabun all in one, dan 3 pak biskuit. Jika dinominalkan, nilai seluruh item sembako tersebut berjumlah Rp. 250.000,-.
 
Saat ditanya lebih jauh, dalam penyediaan beberapa kebutuhan, H. Faisol mengatakan bahwa penunjukan penyedia barang telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu mengikutsertakan pengusaha lokal serta IKM yang ada di Kabupaten Lombok Utara, tentunya yang mampu memenuhi kebutuhan barang sesuai dengan jumlah KK yang akan dibagikan. "Barang ini kan terdiri dari beberapa item yang pengadanya juga dari beberapa pengada, ada dari IKM sendiri ada pengusaha lokal untuk beras lokal karena yang kita pakai ini adalah beras lokal, ada juga yang pabrikan baru kita pihak ketiga," jelasnya.
 
(Yoan)

Contacts

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  +62-370-6147277
  +62-370-6147277
  Jln. Tioq Tata Tunaq Tanjung

Media Sosial